Skip to content

Analisa Sumber & Penggunaan Kas

2012 March 13
Posted by vivi_indahseptiyani

Laporan Sumber dan Penggunaan Kas dibuat untuk mengetahui adanya  perubahan kas selama satu periode dan memberikan alasan mengenai perubahan kas tersebut. Laporan sumber dan penggunaan kas ini menunjukkan aliran kas atau pergerakan kas (cash flow) yaitu sumber-sumber peneriman dan penggunaan kas dalam periode yang bersangkutan.
Laporan sumber dan penggunaan kas  bisa digunakan sebagai dasar dalam menaksir kebutuhan kas dimasa yang akan datang dan kemungkinan sumber-sumber yang ada.

Cash flow statement mempunyai tujuan,yaitu :

  • Memperlihatkan adanya perubahan kas selama satu periode
  • Menganalisa sumber kas dalam satu periode
  • Menganalisa penggunaan kas selama satu periode

 

Sumber Penerimaan Kas
Kas merupakan unsur modal kerja yang paling tinggi likwiditasnya.

Kas mempunyai beberapa sumber,yaitu:

  • Dikeluarkannyasurattanda bukti hutang,seperti :wesel&obligasi.
  • Berkurangnya aktiva lancer selain kas dengan adanya penerimaan kas.
  • Hasil penjualan investasi jangka panjang.
  • Adanya penerimaan kas karena sewa , bunga atau devuden dari investasinya, sumbangan, hadiah dan restitusi pajak.
  •  Penjualan, emisis saham atau adanya tambahan modal dari pemilik dalam bentuk kas.

Subyek laporan perubahan kas adalah sumber dan penggunaan kas, sedangkan subyek laporan laba rugi adalah penghasilan yang di realisasi atau diperoleh dan biaya yang terjadi tanpa memperhatikan apakah penghasilan itu sudah diterima uangnya atau belum dan apakah biaya-biayanya sudah dibayar atau belum (accrualbasis).Dasar yang dipakai dalam menyusun laporan laba rugi adalah cash basis atau tunai, dimana penghasilan baru diakui kalau sudah diterima uangnya dan biaya diakui kalau sudah dibayar tunai per kas, dalam hal ini laporan laba rugi menunjukkan sumber kas yang berasal dari operasi. Tetapi perlu diperhatikan bahwa sumber kas tidak hanya dari operasi tetapi masih banyak sumber penerimaan kas lainnya, begitu pula penggunaannya tidak hanya untuk membiayai operasi.

Terdapat 2 sumber utama penerimaan kas yaitu :

  • Yang disediakan secara internal Adalah jumlah laba bersih yang terdapat dalam perhitungan laporan rugi laba ditambah dengan depresiasi dan amortisasi. Jumlaj ini menunjukkanjumlah dana yang berasal dari dana hasil operasi perusahaan dapat dihitung dengan menganalisa perhitungan rugi laba perusahaan.
  • Yang disediakan oleh sumber eksternal Adapun sumber yang disediakan secara eksternal antara lain meliputi sebagai berikut : ·
    1. Keuntungan dari penjualan surat-surat berharga (investasi jangka panjang)Suratberharga yang dimiliki perusahaan untuk jangka pendek (Marketable security atau efek) adalah salah satu elemen aktiva jangka pendek yang dapat dijual dan akan dapat menimbulkan keuntungan bagi perusahaan. Dengan adanya penjualansuratberharga ini menyebabkan terjadinya perubahan dalam unsur modal kerja yaitu dari bentuksuratberharga berubah menjadi uang kas. Keuntungan yang diperoleh dari penjualansuratberharga ini merupakan suatu sumber dana bagi perusahaan.
    1. Penjualan aktiva tidak lancar Sumber lain yang dapat menambah dana adalah hasil penjualan aktiva tetap dan aktiva tidak lancar lainnya yang tidak diperlukan lagi oleh perusahaan. Perubahan aktiva tidak lancar lainnya yang tidak diperlukan lagi oleh perusahaan. Perubahan aktiva tetap menjadi kas akan menyebabkan bertambahnya dan sebesar hasil penjualan tersebut. Apabila dari hasil penjualan aktiva tetap atau aktiva tidak lancar lainnya ini tidak segera digunakan untuk mengganti aktiva bersangkutanakan mengakibatkan aktiva lancar sedemikian besarnya sehingga melebihi jumlah dana yang dibutuhkan. · Penjualan saham atau obligasi Untuk menambah dana yang dibutuhkan perusahaan dapat mengadakan emisi saham baru atau meminta kepada pemilik perusahaan untuk menambah modalnya, disamping itu perusahaan dapat juga mengeluarkan obligasi atau bentuk hutang jangka panjang lainnya guna memenuhi kebutuhan dananya. Penjualan obligasi ini mempunyai konsekuensi bahwa perusahaan harus membayar bunga tetap. Oleh karena itu dalam mengeluarkan hutang dalam bentuk obligasi ini harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Penjualan obligasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan (terlalu besar) disamping menimbulkan beban bunga yang besar, juga akan mengakibatkan keadaan aktiva lancar yang besar sehingga melebihi jumlah dana yang dibutuhkan.

Penggunaan Kas

Laporan sumber dan penggunaan kas mempunyai sifat atau skopenya lebih luas daripada laporan laba rugi baik yang penyusunannya berdasarkan cash basis maupun accrual basis.

Transaksi yang yang menyebabkan adanya penggunaan dan pengeluaran kas,yaitu:
1). Penggunaan kas
a. Pembelian saham atau obligasi sebagai investasi jangka pendek maupun jangka panjang.
b. Penarikan kembali saham yang beredar maupun pengambilan (prive) oleh pemilik.
c. Pelunasan atau pembayaran angsuran hutang
d. Pembelian barang dagangan secara tunai.
e. Pembayaran biaya operasi perusahaan.
f. Pengeluaran kas untuk pembayaran deviden, pajak, denda dsb.

2). Transaksi yang tidak mempengaruhi kas
a. Adanya pengakuan atau pembebanan depresiasi, amortisasi, dan deplesi terhadap aktiva tetap, intangible asset dan dan wasting asset. Biaya depresiasi ini merupakan biaya yang tidak memerlukan pengeluaran kas.
b. Pengakuan adanya kerugian piutang baik dengan membentuk cadangan kerugian piutang maupun tidak dan penghapusan piutang karena piutang yang bersangkutan tidak dapat ditagih.
c. Adanya penghapusan atau pengurangan nilai buku dari aktiva yang dimiliki karena aktiva ybs telah habis disusutkan atau sudah tidak dapat dipakai lagi.
d. Adanya pembayaran stock deviden, adanya penyisihan atau pembatasan pengguanaan laba dan adanya penilaian kembali (revaluasi) terhadap aktiva tetap yang dimiliki oleh perusahaan.
e. Terhadap trasnsaksi-transaksi yang tidak mempengaruhi kas tersebut harus dilakukan jurnal penyesuaian (adjustment dan reversal )
Manfaat Laporan Sumber dan Penggunaan Kas

Laporan sumber dan penggunaan kas ini digunakan sebagai dasar dalam merencanakan kebutuhan kas di masa mendatang dan kemungkinan sumber-sumber yang ada, atau jg  digunakan sebagai dasar perencanaan dan peramalan kebutuhan kas atau cash flow di masa yang akan datang. Sedangkan bagi para kreditor atau bank dengan laporan cash flow ini akan dapat menilai kemampuan perusahaan dalam membayar bunga atau mengembalikan pinjamannya.
Selain itu kas sangat berperan dalam menentukan kelancaran kegiatan perusahaan. Karena kas merupakan salah satu unsur modal yang paling tinggi likuiditasnya, sehingga semakin besar jumlah kas yang dimiliki oleh perusahaan akan semakin tinggi pula tingkat likuiditasnya.

No comments yet

Leave a Reply