Skip to content

Bagian – Bagian Matahari:

2009 November 2
Posted by vivi_indahseptiyani

a. Teras Matahari

Teras ialah zon radiatif yang mengeluarkan 55% daripada jumlah tenaga  sinaran Matahari. Dalam kawasan ini, tenaga yang dihasilkan di dalam teras dibawa keluar oleh foton-foton. Cara pergerakan di sini amat lambat sebab foton diserap dan dibebaskan oleh partikel-partikel sekeliling. Dipercayaibahwa foton mengambil masa beberapa ratus ribu tahun untuk meninggalkan Matahari. Tanpa halangan, foton sepatutnya boleh bergerak dalam tempo beberapa saat saja. Akhirnya, kita sampai ke lapisan luar, yaitu zon konvektif, yang merupakan 30% daripada garis-pusat Matahari. Di sini suhu menurun sehingga ke satu juta Kelvin. Di dalam lapisan ini, tenaga bergerak melalui proses konveksi, yaitu pergerakan melibatkan semua partikel- partikel sekeliling. Gas yang panas dari bagian dalam bergerak ke  permukaan dan membebaskan tenaga menjadi sejuk dan turun semula kebagian dalam dan seterusnya.

b. Pabrik tenaga matahari

Berupa kawasan yang luas. Atom hidrogenya mengalami pemboman Sinar Gamma dari teras. Tabrakan dasyat ini mengubah Sinar Gamma menjadi  sinar yang tenaga lebih lemah. Misalnya Gelombang Ultra Violet.

c. Fotosfer

Fotosfer adalah lapisan matahariyang kita liat sehari-hari.Berupa lapisan bergolak setebal 300 km. pada lapisan ini terdapat Noda Matahari / Noda Surya atau Noktah. Permukaan fotosfer tidak merupakan bidang yang rata, tetapi berbutir besar-kecil, disebut granulasi fotosfer. pada lapisan ini jasa terdapat semburan-semburan api (faculae) yang berasal dari  suatu ledakan. Semburanya dapat mencapai ketinggian 140.000 mil.Cahayanya yang sangat terang mengalahkan lapisan paling luar matahari yaitu korona, sehingga sinar dari korona tidak terlihat oleh mata kita.Disekeliling fotosfer adalah lapisan gas merah cemerlang yang disebut kromosfer.Fotosfer memiliki kedalaman sekitar 500 km. Cahaya fotosfer dapat terlihat dan berwarna kuning dari bumi karena gas-gas panas pada fotosfer memancarkan cahaya dengan intensitas sangat kuat. Fotosfer kira-kira disusun oleh 94% hidrogen, 5,9% helium, dan 0,1% elemen-elemen lebih berat.

d. Kromosfer

Kromosfer ialah lapisan gas merah kira-kira setebal 10000 km, bagaikan  atmosfer Bumi. Prominensa terdiri dari awan hidrogen berwarna kemerahan yang terlempar melampaui kromosfer ke korona

e. Korona

merupakan lapisan terluar dari kromosfer ,berupa sinar kemilau yg tebalnya kadang-kadang melebihi garis tengah matahari korona akan tampak jelas waktu gerhana total.

Gambar Lapisan Matahari

sunparts11

No comments yet

Leave a Reply